WHAT'S NEW?
Loading...

Apa Itu Teknik Geologi ?

Teknik merupakan penerapan ilmu sains atau teknologi untuk membantu menyelesaikan permasalahan manusia. Hal ini diselesaikan dengan membuat desain atau objek dengan ilmu sains. Ilmu teknik biasanya identik dengan ilmu murni khususnya matematika dan fisika.

Logo Teknik Geologi Universitas Hasanuddin

Ada banyak pembagian ilmu teknik seperti Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Arsitektur, Teknik Informatika, dan sebagainya., tetapi ada 1 disiplin ilmu teknik yang hampir dilupakan sebagian besar orang yaitu Teknik Geologi.

Apasih itu Teknik Geologi ?
Secara Etimologis Geologi berasal 2 bahasa yunani yaitu Geo yang berarti Bumi dan Logos berarti ilmu pengetahuan. Secara umumteknik geologi adalah ilmu yang mempelajari bumi, mulai dari sejarah pembentukan, komposisi, struktur penyusun baik itu didalam permukaan bumi maupun diatas permukaan bumi. Jadi istilah kerennya anda akan bersahabat dengan alam.

Kata dosen saya mahasiswa geologi akan masuk ke dunia lain, tidak sama dengan mahasiswa jurusan saintek lainnya, seperti Sipil, Perkapalan, Arsitektur, Mesin, kedokteran, hingga peternakan yang biasanya akan selalu identik dengan ruangan laboratorium, tetapi Geologi disini berbeda, sebagian besar laboratoriumnya bukanlah ruangan tetapi alam liar, seluruh permukaan bumi misal pegunungan, hutan, sungai, lautan, Gua-gua pokoknya semua yang ada di bumi, karena namanya juga geologi (ilmu yang mempelajari bumi).

Perguruan Tinggi Negeri yang mempunyai Teknik Geologi ?
Berbica tentang Teknik Geologi, saat ini di Indonesia masih kekurangan sarjana Teknik atau Insinyur Geologi, di Indonesia sendiri hanya ada 6 PTN ( ITB, UNHAS, UNPAD, UNDIP, UNSOED ) dan yang memiliki program studi teknik Geologi,  dan Universitas Hasanuddin menjadi satu-satunya PTN yang memiliki teknik Geologi diluar pulau Jawa.

Apa Prospek Kerja Teknik Geologi ?
Prospek kerja lulusan Geologi sangat cerah, seorang lulusan Geologi hampir dapat berkerja disemua bidang khusunya pertambangan dan perminyakan yang gajinya pasti sudah bisa ditebak.

Contoh pemanfaatan ilmu geologi dibidang lain, misalnya saja disektor pembangunan, tanpa adanya seorang geologis seorang ahli sipil tidak bisa membuat gedung, terowongan, atau jembatan karena jika tidak dibantu dengan ahli geologi, bangunan bisa saja roboh, karenanya peran ahli geologi disini adalah menentukan letak dan tempat yang minimalisir dengan potensi bencana. 

Contoh kedua adalah sektor pemerintahan, saat ini ada yang namanya Dinas Pertambangan dan Energi, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, kesemuanya ini membutuhkan yang namanya lulusan Geologi dan Pertambangan.  Bukan itu saja bahkan rata-rata instansi pemerintahan sangat mencari yang namanya sarjana lulusan Geologi seperti BPPT, LIPI, BAPPEDAL, dll

Jadi bagaimana  ??? sudah tertarik menjadi ahli Geologi ??


0 komentar:

Post a Comment