WHAT'S NEW?
Loading...

Perbedaan Mineral Ferromagnesium dan Mineral non-feromagnesium beserta Contohnya

Silikat merupakan bagian utama yang membentuk batuan baik itu sedimen, batuan beku maupun batuan malihan (metamorf. Silikat pembentuk batuan yang umum adalah dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok ferromagnesium dan non-ferromagnesium.

1. Mineral ferromagnesium
Umumnya mempunyai warna gelap atau hitam dan berat jenis yang besar, contohnya
  • Olivine: dikenal karena warnanya yang “olive”. Berat jenis berkisar antara 3.27 – 3.37, tumbuh sebagai mineral yang mempunyai bidang belah yang kurang sempurna.
  • Kegunaan: Ketika transparan, hijau, dan tanpa patah tulang, olivin adalah peridot batu permata.
  • Augitit: warnanya sangat gelap hijau hingga hitam. Berat Jenis berkisar antara 3.2 – 3.4 dengan bidang belah yang berpotongan hampir tegak lurus. Bidang belah ini sangat penting untuk membedakannya dengan mineral hornblende.
  • Hornblende: warnanya hijau hingga hitam; Berat Jenis. 3.2 dan mempunyai bidang belah yang berpotongan dengan sudut kira-kira 56° dan 124° yang sangat membantu dalam cara mengenalnya. Hornblende tampak pada foto yang berwarna hijau tua kehitaman. Mineral ini banyak dijumpai pada berbagai jenis batuan beku dan batuan metamorf. 
  • Biotite: adalah mineral “mika” bentuknya pipih yang dengan mudah dapat dikelupas. Dalam keadaan tebal, warnanya hijau tua hingga coklat-hitam; Pelat mika hasil kempaan sering digunakan sebagai pengganti kaca dalam rumah kaca. Pelat mika digunakan pula untuk menyediakan struktur bagi kawat pemanas (seperti Kanthal, Nikrom, dll.) dalam unsur pemanasan dan bertahan sampai 900 °C (1,650 °F).
  • Tanah Liat: merupakan sejumlah bahan bersahaja yang terdiri dari mineral yang kaya dalam alumina, silika dan air. Kegunaan tanah liat dalam sehari-hari seperti membuat property dari tanah liat.
2. Mineral non-ferromagnesium.
Umumnya berwarna terang dengan kilap. 
  • Muskovit adalah jenis mineral mika yang sangat umum. Berwarna terang dengan kilap seperti mutiara, belahannya satu arah. Muskovit biasanya banyak terdapat penyusun kerak benua
  • Felspar merupakan kelompok mineral yang sangat umum, dapat berbentuk rentang temperatur dan tekanan tinggi. Didalam batuan mineral ini dikenal dengan bentuknya yang rektangular dan permukaannya yang licin.
  • Mineral Quartz adalah bahan galian yang terdiri atas kristal-kristal silika (SiO2) dan mengandung senyawa pengotor yang terbawa selama proses pengendapan. Dalam kegiatan industri, penggunaan kuarsa sudah berkembang meluas, baik langsung sebagai bahan baku utama maupun bahan ikutan. Sebagai bahan baku utama, misalnya digunakan dalam industri gelas kaca, semen, tegel, mosaik keramik, bahan baku fero silikon, silikon carbide bahan abrasit (ampelas dan sand blasting).

0 komentar:

Post a Comment